Racing Pigeon / Merpati Pos

Forum Racing Pigeon Indonesia - Bersama Demi Kemajuan Merpati Pos di Indonesia

Forum Racing Pigeon Indonesia Bersama Demi Kemajuan Merpati Pos di Indonesia - Tempat kita berbagi, tukar pikiran, mempererat hubungan silahturahmi Pos mania.

    Tentang realita merpati pos

    Share

    AruLman
    Admin

    Jumlah posting: 428
    Join date: 10.11.10
    Age: 33
    Lokasi: Bekasi - Depok

    Tentang realita merpati pos

    Post  AruLman on Sat Apr 09, 2011 11:01 am

    Tentang realita merpati pos

    tercatat kecepatan record
    149 KM/jam jarak lepas 640KM
    jadi hitungannya 1000 meter bisa kurang dari setengah menit

    tercatat juga
    merpati pos dapat kembali pulang dalam sehari 1100KM
    itulah bukti ketahanan dalam terbangnya

    mengenai ketinggian
    merpati pos juga mampu terbang tinggi
    tapi ia terbang tinggi sesuai kebutuhan
    jika terbang dgn ketinggian tertentu cukup knp perlu tinggi
    dan saya jamin ketinggiannya lebih tinggi dari merpati "tinggian"

    banyak salah persepsi tentang merpati pos
    seolah-olah kecepatannya dibawah "merpati balap"
    seolah-olah terbang tingginya dibawah "merpati tinggian"
    hanya saja teknik terbang merpati pos tidak mempunyai unsur seni yang bisa dilombakan

    yang perlu kita acungkan jempol untuk merpati lokal
    seni keindahan ketika berlaga sampai di betinanya
    mungkin diluar negeri ada roller pigeon yg mampu salto berputar-putar
    jadi menurut saya merpati lokal
    lebih menitik beratkan kepada merpati laga / gaya mereka sampai betina
    semoga seni merpati lokal bisa dikenal dunia

    Salam merpati pos

    galih

    Jumlah posting: 14
    Join date: 20.12.10

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  galih on Thu Apr 14, 2011 9:52 pm

    AruLman wrote:Tentang realita merpati pos

    tercatat kecepatan record
    149 KM/jam jarak lepas 640KM
    jadi hitungannya 1000 meter bisa kurang dari setengah menit

    tercatat juga
    merpati pos dapat kembali pulang dalam sehari 1100KM
    itulah bukti ketahanan dalam terbangnya

    mengenai ketinggian
    merpati pos juga mampu terbang tinggi
    tapi ia terbang tinggi sesuai kebutuhan
    jika terbang dgn ketinggian tertentu cukup knp perlu tinggi
    dan saya jamin ketinggiannya lebih tinggi dari merpati "tinggian"

    banyak salah persepsi tentang merpati pos
    seolah-olah kecepatannya dibawah "merpati balap"
    seolah-olah terbang tingginya dibawah "merpati tinggian"
    hanya saja teknik terbang merpati pos tidak mempunyai unsur seni yang bisa dilombakan

    yang perlu kita acungkan jempol untuk merpati lokal
    seni keindahan ketika berlaga sampai di betinanya
    mungkin diluar negeri ada roller pigeon yg mampu salto berputar-putar
    jadi menurut saya merpati lokal
    lebih menitik beratkan kepada merpati laga / gaya mereka sampai betina
    semoga seni merpati lokal bisa dikenal dunia

    Salam merpati pos

    buat tmbahn pak arul td baca di posmania.wordpress.com

    Pernah terjadi burung POMP LLB
    Jakarta pada tahun 1988 memecahkan
    rekor dunia terbang jarak super jauh 1000
    mil (1609 Km) dari Ruteng NTT ke Jakarta
    melewati 4 selat yaitu Selat Flores, Selat
    Sumbawa, Selat Lombok dan Selat Bali
    serat pegunungan-pegunungan sepanjang
    perjalanan, angin lepas sepanjang selat
    dilalui hanya dalam waktu 4 hari oleh
    burung milik Letkol Marinir Yett Resdianto
    dengan No incin P 87 870560. Sungguh
    luar biasa sedang di Amerika saja sampai 1
    minggu baru kembali kekandang asalnya.

    kalisali

    Jumlah posting: 13
    Join date: 06.04.11

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  kalisali on Sat Apr 23, 2011 9:36 pm

    dikasi makan apaan bisa sampe begitu??? Shocked

    AruLman
    Admin

    Jumlah posting: 428
    Join date: 10.11.10
    Age: 33
    Lokasi: Bekasi - Depok

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  AruLman on Sun Apr 24, 2011 7:15 am

    kalisali wrote:dikasi makan apaan bisa sampe begitu??? Shocked
    komposisi makanannya dan minumannya
    bener-bener sesuai keperluan dan kebutuhan merpati...

    yg jelas bisa dari sistem motivasi juga

    herman

    Jumlah posting: 37
    Join date: 23.11.10
    Age: 39
    Lokasi: Jakarta Utara

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  herman on Sun Apr 24, 2011 9:50 pm

    ya di berimakan jagung lah Mas.... Very Happy
    Kalau mau bergizi dikit di tambah kacang tanah + beras merah dll..... Laughing

    herman

    Jumlah posting: 37
    Join date: 23.11.10
    Age: 39
    Lokasi: Jakarta Utara

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  herman on Mon May 16, 2011 10:23 pm

    ko sepi banget ya.....
    lagi pada sobuk ya..... Very Happy

    AruLman
    Admin

    Jumlah posting: 428
    Join date: 10.11.10
    Age: 33
    Lokasi: Bekasi - Depok

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  AruLman on Tue May 17, 2011 9:25 am

    herman wrote:ko sepi banget ya.....
    lagi pada sobuk ya..... Very Happy
    kemaren rame pd kumpul kopdar

    beespero

    Jumlah posting: 21
    Join date: 26.12.11
    Lokasi: Banjarmasin

    Re: Tentang realita merpati pos

    Post  beespero on Tue Dec 27, 2011 12:16 am

    saya akui mungkin merpati pos adalah kebiasaan kuno yang pernah dilakukan orang dulu untuk mengirimkanpesan!
    dibanding merpati2 balap.tinggian.
    merpati pos sudah lebih dahulu dikembangkan! saya setuju dengan hal itu!

    saya masih belum mengerti nih model permainan merpati pos yg dilombakan!

    pertanyaan saya!
    1.pada kandang bersama...pola latihan terbang semua merpati apa dilakukan bersama2/tergantung pemilik sendiri2
    2.atau m,pos cuma dibatasi kegiatan keluar kandangnya(kalangan) dan kemudian langsung di lombakan pada jarak tertentu!

    kesimpulan saya sih boleh2 aja merpati tsb bisa dilepas sampai mataram! lah kalo yg punya angkatan laut. sering lepasin burung waktu dinas!
    otomatis merpati akan lebih banyak/sering mengenal arah pulang=lah udah biasa/sering Razz !
    klo lomba sih menurut saya ada batasannya! terutama pada saat latihan. perlu dibatasi seberapa jauh latihan yg diperbolehkan..kemudian waktu lomba...tergantung burung tsb masing2 insting pulang ato gak! itu baru burung merpati yg hebat! selalu mencari tempat dimana dia dibesarkan. meskipun seandainyapun dia tertangkap org lain, tetapi nalurinya untuk kembali tetap kuat.

    pelatihan/kebiasaan
    berbeda dengan insting dari bawaan masing2 burung tersebut.

    1 hal yg saya kagumi dari merpati pos. tanpa banyak latihan terbang keliling (kalangan) dilepas dalam jarak jauhpun dia akan tetap kembali terutama saat dilepas sendiri tanpa berkelompok banyak!
    disitu..otak/ingatan merpati pos yang berperanan besar!
    dan tentujuga didukung kecepatan terbang yg cepat pula dunk Very Happy, biar gak asal pulang meski lepasan jauh!

      Waktu sekarang Fri Aug 01, 2014 4:48 pm