Racing Pigeon / Merpati Pos

Forum Racing Pigeon Indonesia - Bersama Demi Kemajuan Merpati Pos di Indonesia

Forum Racing Pigeon Indonesia Bersama Demi Kemajuan Merpati Pos di Indonesia - Tempat kita berbagi, tukar pikiran, mempererat hubungan silahturahmi Pos mania.

    tanya tentang metode lomba merpati pos

    Share

    kempot
    Tamu

    tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  kempot on Fri Nov 12, 2010 11:35 pm

    gmn sich caranya lomba merpati pos???
    tlg dong klo ada yg tau.... thx

    Yusrodi

    Jumlah posting: 167
    Join date: 25.11.10
    Age: 35
    Lokasi: Cirebon

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  Yusrodi on Thu Nov 25, 2010 10:23 am

    Iya nih kok ga ada yang mau jawab ya?
    mulai apa aja jenis lombanya?
    bagaimana sistem lombanya?
    dan yaratnya apa aja?
    makasih?

    abdiM
    Admin

    Jumlah posting: 81
    Join date: 10.11.10
    Age: 41
    Lokasi: Purwakarta

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  abdiM on Fri Nov 26, 2010 12:53 am

    Yusrodi wrote:Iya nih kok ga ada yang mau jawab ya?
    mulai apa aja jenis lombanya?
    bagaimana sistem lombanya?
    dan yaratnya apa aja?
    makasih?

    Maaf walaupun tidak pernah ikut perlombaan merpati pos, saya akan memberikan beberapa persyaratan lomba merpati pos di Lang Lang Buana Jakarta, ini pernah saya baca di forum merpati.
    1. Di Indonesia lomba merpati pos dibagi dalam tiga kelompok jarak, yaitu jarak dekat (200 – 300 Km), jarak menengah (350 – 550 Km), dan jarak jauh (600 – 1000 Km atau lebih). Dari setiap jarak diatas masing-masing ada perlombaan :
    a. Ring POMSI Super Derby dengan harga ring Rp 100 - 150 ribu
    b. Ring POMSI Derby dengan harga ring Rp 50 - 75 ribu
    c. Ring POMSI Presiden Cup dengan harga ring Rp 25 - 30 ribu
    d. Ring POMSI Umum dengan harga ring Rp 5 - 10 ribu
    Dengan melihat ketentuan harga tersebut dapat dikatakan bahwa dengan memakai ring yang lebih mahal tentu akan mendapatkan hadiah yang lebih besar, untuk memakai ring yang murah hadiahnya lebih sedikit walaupun akhir perlombaannya sama yaitu lepas Lombok 1000 Km atau disebut juga ekstrim lomba.
    2. Syarat pemain merpati pos yang ingin ikut lomba harus mempunyai merpati pos.
    3. Kandang tentu disesuaikan dengan kandang lomba merpati pos, sehingga merpati langsung ditangkap dan mudah diambil karetnya ini berlaku untuk yang manual. Sedangkan untuk jam sensor tidak perlu ada pintu khusus untuk perangkapnya karena merpati merpati akan kena sensor yang ada chip dikakinya.
    4. Jam merpati atau jam lomba merpati pos harganya untuk manual yang untuk 12 ekor merk china dihargain Rp 300 ribu, untuk yang muat 30 ekor sekitar harga 3 - 4 juta. Sedangkan untuk yang sensor harganya mahal untuk yang sensor ini lebih baik ditanya langsung di seketariat Pomsi masing-masing.
    5. Membayar biaya administrasi tahunan iuran POMSI Lang Lang Buana sekitar Rp 200 - 250 ribu.
    6.Menghitung koordinat kandang yang dilombakan, berlaku seumur hidup selama kandang anda tidak pindah, kalau pindah maka akan dikoodinat ulang dengan biaya Rp 300 ribu.
    7. Untuk lomba setiap tahunnya dibagi dua gelombang yaitu gelombang pertama untuk yang memakai ring POMSI Super Derby adan ring POMSI Derby untuk ring yang lainnya juga dapat ikut tapi bukan sebagai lomba melainkan hanya latihan. Dan untuk gelombang kedua yang memakai ring POMSI Presiden Cup dan ring POMSI Umum tahun sebelumnya.
    Untuk setiap kota pelepasan dikenakan biaya perekornya biasanya untuk latihan ( Cikarang, Cikampek dan Jatibarang) biaya antara tahun 2008 - 2009 perekornya Rp 10 ribu untuk kota berikunya tentu lebih mahal.
    Ini sekilas tentang syarat dan cara perlombaan di Pomp Lang Lang Buana Jakarta, mohon dikoreksi lagi apabila ada yang salah.
    Salam,
    PosMania

    abdiM
    Admin

    Jumlah posting: 81
    Join date: 10.11.10
    Age: 41
    Lokasi: Purwakarta

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  abdiM on Fri Nov 26, 2010 1:05 am

    Jadwal Lomba Merpati Pos Lang Lang Buana Jakarta,
    http://img20.imageshack.us/img20/1928/jadwallombamerpatipos.pdf

    Yusrodi

    Jumlah posting: 167
    Join date: 25.11.10
    Age: 35
    Lokasi: Cirebon

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  Yusrodi on Fri Nov 26, 2010 11:22 pm

    sedikit ada pencerahan. Meskipun blm mengerti sepenuhnya.
    Coba ulasannya dibikin kayak artikel atau topik kusus. Biar ga bingung nyarinya.
    Makasih.

    Yusrodi

    Jumlah posting: 167
    Join date: 25.11.10
    Age: 35
    Lokasi: Cirebon

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  Yusrodi on Fri Nov 26, 2010 11:25 pm

    usul lagi.
    Sekalian potonya dong.
    Misal ring derby poto dst.
    Makasih.

    abdiM
    Admin

    Jumlah posting: 81
    Join date: 10.11.10
    Age: 41
    Lokasi: Purwakarta

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  abdiM on Sun Nov 28, 2010 8:47 am

    Yusrodi wrote:usul lagi.
    Sekalian potonya dong.
    Misal ring derby poto dst.
    Makasih.
    POMSI mengeluarkan ring tiap tahunnya berbeda-beda contoh tahun 2009 biru, tahun 2010 hijau. Jadi maksudnya derby tersebut adalah lomba burung2 muda yang memakai ring 1 tahun sebelumnya misalnya lomba derby tahun 2011 ini burung2 yang memakai ring 2010 jadi burung2 ini burung muda yang umurnya antara 9 bulan sampai 1 tahun, untuk tahun 2009 kebawah bisa ikut di lomba umum. Kalo lomba derby yang seperti LLB diatas ring tetap sama tahunnya tapi no serienya ditentukan yang untuk harga Rp 100 ribu atau yang Rp 50 ribu. Sebenarnya untuk hal ini Mas INDRA LUKITA dari Pomp ELANG Bandung yang ahlinya beliau adalah Pengurus POMSI Pusat Bidang Perlombaan. Monggo Mas....!!!!
    Mohon maaf ada yang salah, tolong koreksinya
    Salam,

    AruLman
    Admin

    Jumlah posting: 428
    Join date: 10.11.10
    Age: 33
    Lokasi: Bekasi - Depok

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  AruLman on Sun Nov 28, 2010 12:10 pm

    sayang orangnya masih sibuk belum bisa mampir di forum Very Happy
    daftar forum sih sudah Razz

    Yusrodi

    Jumlah posting: 167
    Join date: 25.11.10
    Age: 35
    Lokasi: Cirebon

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  Yusrodi on Sun Nov 28, 2010 6:55 pm

    Kontek lagi dong mas!
    Kayaknya forumnya kurang narasumber deh. maklum mas forumnya banyak nubie kayaknya.

    AruLman
    Admin

    Jumlah posting: 428
    Join date: 10.11.10
    Age: 33
    Lokasi: Bekasi - Depok

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  AruLman on Sun Nov 28, 2010 7:37 pm

    lagi usaha di kontek2

    Yusrodi

    Jumlah posting: 167
    Join date: 25.11.10
    Age: 35
    Lokasi: Cirebon

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  Yusrodi on Fri Dec 03, 2010 11:01 pm

    kok yg aktif di forum cuman sdikit ya?
    Ada ga yg mau menjembatani pembelian ring pomsi ya?

    AruLman
    Admin

    Jumlah posting: 428
    Join date: 10.11.10
    Age: 33
    Lokasi: Bekasi - Depok

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  AruLman on Fri Dec 03, 2010 11:55 pm

    Yusrodi wrote:kok yg aktif di forum cuman sdikit ya?
    Ada ga yg mau menjembatani pembelian ring pomsi ya?
    2011 saya akan bantu menjembatani khususnya buat forum ini
    insyaallah

    ModeCompaq

    Jumlah posting: 11
    Join date: 16.11.10

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  ModeCompaq on Sat Jan 15, 2011 9:11 pm

    Sepanjang sepengetahuan saya di Indo hanya menggunakan 1 metode yaitu mengukur kecepatan terbang burung.

    Caranya adalah dengan membagi Jarak Tempuh dengan Waktu Tempuh sehingga menghasilkan kecepatan ( D / T = V ).

    Cara mendapatkan Jarak Tempuh adalah dengan mengukur titik koordinat tempat pelepasan burung dan titik koordinat kandang masing2 peserta. Dari situ kita dapat mengukur jaraknya dengan menggunakan software khusus penghitung jarak.

    Cara mendapatkan Waktu Tempuh adalah dengan menggunakan jam khusus, yang terbagi dalam 2 type yaitu manual dan Electric / Digital.

    Dengan demikian dapat dihitung kecepatan terbang setiap burung, walaupun jarak tempuh masing2 burung berbeda2.

    Jika masih ada pertanyaan silakan di-posting dan akan saya coba membantu jika saya mampu.

    theo megan

    Jumlah posting: 8
    Join date: 10.12.10
    Lokasi: Citayam - Bogor

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  theo megan on Mon Feb 07, 2011 8:44 pm

    Dimana saya bisa mendapatkan jam khusus untuk perlombaan itu..?
    ada distributornya ?
    makasih

    ModeCompaq

    Jumlah posting: 11
    Join date: 16.11.10

    Re: tanya tentang metode lomba merpati pos

    Post  ModeCompaq on Wed Aug 17, 2011 8:57 pm

    Bisa hubungi pomp tempat anda bernaung pak. tergantung masing2 pomp menggunakan jam jenis apa.

      Waktu sekarang Sat Oct 25, 2014 10:15 pm